Tips & Trick

Mengenal Apa Itu Genset Silent

Genset silent merupakan model genset yang memiliki “rumah”nya yang melindungi genset dan busa peredam suara, itulah yang membuat genset dapat beroperasi tidak berisik. Adanya rumah genset juga melindungi dari berbagai cuaca.

Bagi anda yang belum mengenal tipe genset ini, sangat penting untuk mengetahui apa yang disebut oleh genset silent dan bagaimana karakter mesinnya.

Mengetahui hal ini sangat penting mengingat jika anda ingin membeli sebuah genset, agar mengerti produk yang tepat sesuai yang dipilih.

Komponen Silent Genset

genset silent kecil
Contoh genset silent berukuran kecil (mini)

Komponen ini setidaknya ada 3 bagian penting, yakni alternator, stator dan rotor.

Komponen tipe genset ini yang pertama yakni alternator (atau disebut juga genhead). Komponen ini menghasilkan output listrik dari input mekanis yang berasal dari mesin.

Selain alternator, komponen yang lain pada genset silent adalah stator. Komponen ini berguna untuk memotong medan magnet ketika generator bekerja.

Selanjutnya ada komponen rotor, yang berupa alternator bergerak di sekitar startor guna menghasilkan medan magnet.

Dilengkapi Rumah/Canopy & Busa Peredam

Beda dengan genset pada umumnya, genset ini dilengkapi dengan rumah genset atau disebut dengan canopy. Adanya rumah dapat membuat proses kerja genset tidak begitu berisik (silent)

Canopy tersebut biasa dilengkapi oleh plat baja juga busa yang berfungsi meredam suara.

Selain supaya tidak berisik. fungsi rumah pada tipe genset ini memiliki peran sebagai pelindung mesin. Baik dari panas maupun hujan, rumah melindungi agar tidak terkena langsung dengan cuaca tersebut.

Kelebihan Genset Silent

Mengenal Genset Silent
Foto : atlascea.com.au

1) Mudah dalam perawatan

Genset silent cenderung mudah dari segi perawatan. Desain genset ini umumnya dibuat dengan sistem knockdown, yang dapat mempermudah akses buka pada berbagai komponen. ini yang membuat perawatannnya lebih mudah dibanding tipe lainya.

Memiliki kemudahan dari segi perawatan genset sangat penting supaya perawatan dapat dilakukan dengan mudah, supaya performa genset tetap terjaga.

2) Ketahanan terhadap berbagai cuaca

Hal ini berkaitan dengan kanopi atau rumah yang dimiliki genset silent. Tipe genset ini memiliki ketahanan terhadap berbagai cuaca baik panas maupun hujan, berkat adanya rumah genset atau yang disebut canopy.

Cuaca dapat mempengaruhi performa mesin maupun menyebabkan kerusakan komponennya. Canopy dapat melindungi berbagai gangguan yang ada. Terlebih jika tidak ada ruang untuk genset pada ruang dalam, genset tetap dapat terlindungi dengan baik.

Fungsi lain dari canopy juga sebagai komponen yang meminimalisir suara bising.

3) Suara yang hampir tidak terdengar

Suara genset yang terlalu bising terkadang mengganggu aktivitas. Bagi orang yang membutuhkan ketenangan, suara bising dan polusi suara tentu saja jadi masalah besar.

Genset silent dapat beroperasi dengan suara hampir tidak terdengar. Hal ini karena canopy atau rumah yang terpasang pada genset, yang membuat suara tidak dapat keluar atau meminimalisir suara yang ada.

Ingin membeli genset? kini anda bisa order langsung di qhomemart. Lihat produknya di qhomemart.com dan jika ingin order, hubungi whatsapp store kami di 0811-2863-773 (bisa kirim ke seluruh indonesia)

Rekomendasi Genset Silent Terbaik

Nama ProdukHarga
GENSET SILENT INVERTER QRV4000ISHubungi Kami
KOHL6500 GENSET SILENT 5.5KWHubungi Kami
Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini