Tips & Trick

Cara Atasi Kloset Duduk Bocor Bawah dan Berbau

Ingin tahu cara mengatasi kloset duduk bocor bawah? Dapat diatasi menempatkan karet seal di posisi yang benar atau mengganti dengan yang baru. Simak detailnya berikut ini.

Umumnya, kloset duduk bocor bawah disebabkan karena karet dodol atau sealnya tidak sempurna terpasang. Entah ketika dipasang karet bergeser atau sebagainya, sehingga air bilas tidak masuk sepenuhnya ke pipa pembuangan. Pun ketika bocor, hal tersebut akan menimbulkan bau tidak sedap yang bersumber dari kotoran yang merangkak keluar.

Nah, bagaimana cara memperbaiknya? Langsung saja, Berikut ini langkah-langkah memperbaiki kloset bocor bawah, simak sampai habis!

bagian bagian dari closet duduk yang perlu dilepas

Lepas Closet Duduk Semua Bagian

Pertama-tama, anda perlu melepas seluruh bagian closet duduk. Lepaskan dulu tangki air, kemudian closet duduk utama dengan melepas baut dan bagian pengencang lainnya.

Perbaiki dan Tempatkan Karet Dodol atau Seal Secara Benar

Setelah closet duduk terlepas, anda akan melihat pipa pembuangan. Pada pipa pembuangan tersebut, terdapat karet seal atau disebut juga karet dodol. Fungsi karet seal ialah sebagai lapisan pengetat antara closet ke pipa pembuangan.

Jika karet seal atau dodol tidak terpasang dengan benar atau bahkan terpasang miring, posisikan kembali hingga menutupi sesuai diameter pipa. Ini adalah posisi pemasangan yang benar.

Setelah terpasang dengan benar, langkah selanjutnya memasang kembeli closet duduk.

Kloset Duduk Bocor Bawah

Hilangkan Bekas Semen di Toilet

Namun, sebelum memasang closet duduk, umumnya akan ada sisa bekas semen untuk memasang bagian terbawah closet.

Sebelum dipasang kembali closet duduk, bersihkan jika ada sisa-sisa semen. Hal ini dilakukan agar pemasangan semen baru nantinya bisa teraplikasikan lebih sempurna.

Anda bisa memakai alat seperti obeng ketok dan semacamnya untuk membersihkan semen sisa.

Aplikasikan Lapisan Semen Baru

lapisan semen paling bawah sudah keropos atau hilang. Ketika hilang, air dapat mudah menjalar terlebih melalui bagian closet terbawahnya.

Untuk itu, dapat diaplikasikan dengan semen putih atau memperbarui lapisan antara closet terbawah dengan keramik. Semen putih sangat baik untuk merekatkan, agar air tidak bocor dari bawah.

Tunggu Sampai Kering

Pastikan anda tidak memakai semen kering, sebelum benar benar kering. Hal ini agar pekerjaan yang dilakukan tidak sia-sia. Ketika semen mengering sempurna baru bisa digunakan, kira-kira biarkan semen sehari semalaman.

Itu tadi cara untuk memperbaiki kloset duduk bocor bawah, semoga bermanfaat!

Mempertimbangkan pembelian closet duduk baru? Beli di qhomemart, harganya murah banget dengan produk terlengkap! Lihat produknya dibawah ini, bisa kirim ke seluruh DIY, Jawa Tengah dan seluruh Indonesia!

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini