Dekorasi

Kenali 5 Jenis-Jenis Kabel Listrik

Jenis-jenis kabel listrik yang sering digunakan dalam kehidupan sangat beragam. Setiap jenis-jenis kabel listrik juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sementara itu, listrik menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang dalam menjalankan kehidupannya. Hampir semua aktivitas pasti memerlukan listrik untuk bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

Oleh sebab itu, kita harus mengetahui jenis-jenis kabel listrik yang bisa kita pahami supaya tidak salah guna untuk membantu aktivitas kehidupan. Pada artikel ini, kita akan membahas bersama-sama jenis-jenis kabel listrik yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. 

Jenis-Jenis Kabel Listrik 

NYA 

jenis-jenis kabel listrik

Kabel NYA adalah kabel yang paling sering digunakan dan ditemukan dalam kehidupan, khususnya untuk instalasi listrik rumah. Kabel jenis ini terbuat dari tembaga tunggal yang berinti satu dengan lapisan bahan isolator PVC. 

NYM 

kabel NYM

Kabel NYM adalah kabel yang banyak digunakan untuk rumah-rumah atau gedung-gedung dengan inti kabel yang memiliki jumlah satu sampai empat inti dengan lapisan isolasi PVC. Tingkat keamanan dari kabel NYM tegolong baik, sehinga bisa digunakan dalam keadaan kering dan basah. 

Selain itu, kabel NYM juga digunakan untuk kabel lampu penerangan interior atau jalanan.  

NYY

Kebal NYY

Kabel NYY merupakan kabel yang memiliki inti tembaga dengan isolasi PVC. Kabel ini dibuat sebagai kabel instalasi yang ada di bawah tanah atau pipa-pipa. 

Isolator kabel NYY berkonstruksi lebih kuat dibandingkan jenis sebelumnya, sehingga harganya pun lebih tinggi karena kabel ini dibekali dengan lapisan anti-gigitan tikus. 

NYAF

kabel NYAF

NYAF merupakan kabel dengan konduktor tembaga yang memiliki bentuk seperti kawat halus atau serat. Biasanya, penggunaan kabel ini berada pada area-area lekukan untuk listrik di rumah. Dikutip dari beberapa sumber berita, kabel listrik jenis ini memiliki voltase sebesar 300-500 Volt dengan arus 10-60 ampere. 

NYMHY

Jenis-jenis kabel listrik yang terakhir adalah kabel NYMHY yang memiliki lebih dari satu inti tembaga dengan bahan isolasi PVC yang berserabut. Kabel ini memiliki besaran voltase sebanyak 300-500 Volt dengan arus 10-60 ampere. NYMHY cocok juga digunakan untuk kabel instalasi rumah.

Itu dia 5 jenis-jenis kabel yang bisa kamu ketahui dan sering digunakan dalam kehidupan. Jenis-jenis kabel tersebut bisa kamu beli di Qhomemart. Qhomemart merupakan salah satu toko elektronik terlengkap dan terbesar di Jogja. Toko ini beralamat di Jl. Raya Janti Jl. Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yuk, wujudkan instalasi kabel terbaik untuk hunianmu besama Qhomemart!

Rate this post

Comments

comments

Agustina Rita Kurniawati

Penulis kreatif yang tahu tentang kebutuhan hunian. Siap berdiskusi bersama dan tertawa sambil membangun rumah impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini