Tips & Trick

4 Cara Mengelupas Cat Tembok Paling Mudah [Trik Tercepat]

Gunakan 4 cara mengelupas cat tembok ini, ampuh dan simpel digunakan seperti pemakaian paint remover, thinner, soda api hingga gerinda.

Untuk mendapatkan hasil cat terbaik dinding perlu dipersiapkan dengan baik, salah satunya seperti menghilangkan sisa-sisa cat tembok lama. Jika tidak dihilangkan, sisa-sisa ini berdampak pada hasil cat yang kurang maksimal meskipun memakai produk cat tembok yang bagus.

Namun terkadang, sisa-sisa cat tembok bandel dan sulit dihilangkan karena cat yang telah menempel dalam waktu lama. Untuk itu, berikut ini 4 cara mengelupas cat tembok yang ampuh namun simpel dilakukan, salah satunya memakai alat rumahan !

Penggunaan Thinner

gunakan thinner untuk hilangkan cat membandel
Foto: IndiaMart

Oleskan thinner ke tembok yang ingin dikelupas lalu amplas atau kerok pada bagian tersebut. Pastikan anda membersihkan semaksimal mungkin agar sisa-sisa terangkat semua.

Cairan pada thinner dapat membuat cat menguap dan ini memudahkan anda dalam cara mengelupas cat tembok lama.

Soda Api

cat interior jogja
Ilustrasi: gunakan paint remover untuk cat membandel

Soda api juga dapat dipergunakan untuk mengelupas tembok. Caranya tinggal oleskan soda api ke tembok kemudian tunggu hingga di tembok terlihat seperti terbakar. Setelah ini terlihat, anda bisa bersihkan memakai sekrap.

Namun memakai cara mengelupas cat tembok ini harus berhati hati karena panas. Pastikan anda melakukannya dengan hati-hati dan memakai alat pelindung diri seperti kaca mata, sarung tangan dan alat lain.

Pakai Paint Remover

paint-remover-penghilang-cat
Foto: IndiaMart

Cara mengelupas cat tembok ampuh salah satunya memakai paint remover. Produk yang khusus diciptakan sesuai dengan fungsinya, dibuat untuk mempermudah pengelupasan cat yang lebih cepat dan rapi.

Untuk cara pemakaian, oleskan paint remover ke tembok yang akan dikelupas. Tanda paint remover bereaksi ialah munculnya busa atau gelembung. Pastikan anda memakai sarung tangan ketika proses pengaplikasian agar tetap aman. Untuk hasil lebih baik, amplas ketika selesai dan bersihkan debu memakai lap bersih.

Gunakan Gerinda

gerinda tangan untuk mengelupas tembok

Selain itu, gerinda juga dapat dipakai untuk cara mengelupas cat tembok yang ampuh. Putarannya yang kencang mampu merontokkan sisa sisa cat lama dengan baik. Alatnya mudah digunakan, bahkan kini tersedia gerinda cordless (tanpa kabel), sehingga fleksibel dibawa kemana-mana.

Alat gerinda sangat mudah di toko bangunan seperti di qhomemart.com, bisa beli melalui whatsapp kami atau official ecommerce kami. Beli sekarang!

Whatsapp store: 0811-2863-773

5/5 - (2 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini