Shop

Batako VS Hebel, Mana Yang Lebih Baik?

Batako hebel sering kali dibandingkan kekuatanannya. Hal ini menyisakan pertanyaan, mana yang sebaiknya dipilih? Perbandingan berikut membahas kekuatan struktur, tingkat kekedapan, keamanan untuk penghuni hingga biaya yang dikeluarkan.

Pasalnya, dalam membuat rumah, bagian dinding akan menjadi bagian yang tidak tergantikan. Dinding akan dipasang selama rumah itu berdiri.

Hebel sendiri merupakan bata ringan, yang kini populer digunakan untuk pembangunan rumah. Sementara batako, material yang dari dulu hingga kini masih dipakai dalam pembangunan dinding.

Mengganti dinding ketika rumah sudah jadi, tentu merupakan masalah serius. Pasalnya, mengganti dinding akan sama saja merubuhkan rumah dan membangun bangunan baru.

Namun, mana yang lebih baik diantara keduanya?

Pemilihan antara batako dan hebel harus ditentukan sedari awal. Untuk mempertimbangkan dengan baik, artikel ini membahas perbedaan bata hebel dari banyak faktor. Simak penjelasannya sampai selesai!

Perbedaan Teknis Antara Batako dan Hebel

contoh gambar batako

Beda bahan pembuat

Batako dibuat dari bahan material semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 8. Sementara hebel dibuat dari pasir kuarsa, semen kapur, aluminium pasta (untuk pengembang), air dan sedikit gypsum.

Perbedaan material ini juga berdampak pada tampilan material, sehingga lebih mudah dibedakan.

Beda tampilan

Karena batako dibuat dari semen dan pasir, otomatis warnanya sedikit gelap. Berbeda dengan hebel, yang mana umumnya memiliki tampilan berwarna putih.

Beda ukuran

Ukuran batako hebel memiliki perbedaan beberapa cm (centimeter). Umumnya batako berukuran 40x10x20 cm sementara bata hebel berukuran 60x10x20 cm.

Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan

batako hebel
Begini tampilan hebel

1) Tingkat Kesulitan Pemasangan

Batako lebih mudah dipasang. Hampir semua tukang bangunan bisa memasangnya karena memang sudah digunakan turun temurun.

Sementara hebel relatif memerlukan skill khusus. Itu karena hebel harus dipasang lurus. Ketika pemasangan tidak lurus/sempurna, ketika diplester akan menjadi sangat tebal.

2) Segi Biaya

Harga satuan batako lebih terjangkau dibanding hebel. Sebagai contoh harga batako per biji adalah 3000 ribuan, untuk hebel bisa mencapai 8000 ribuan.

Disamping itu, hebel memiliki ukuran lebih besar. Satuannya bisa mencapai ukuran 60x10x20 cm.

Meski begitu, untuk pembangunan tembok atau dinding yang besar, pemakaian hebel bisa lebih hemat karena tanpa adukan spesi.

3) Keamanan

Bata ringan lebih aman terlebih ketika terjadi gempa. Dilansir dari tips bangun rumah youtube, bata ringan lebih menyelamatkan nyawa dibandingkan tertimpa dengan batako/batu-bata.

4) Bahan perekat

JIka memakai batako, perekat yang dibutuhkan hanya semen dan pasir biasa. Sementara hebel memerlukan perekat khusus/mortar untuk bisa dipasang.

Karena beda bahan perekat, maka ini berpengaruh dari segi biaya. Perekat khusus memerlukan biaya lebih tinggi dari pemasangan pada batako.

5) Tingkat Kedap suara

Bata hebel memiliki tingkat kedap suara lebih baik daripada batako. Hal tersebut karena didalam hebel, ada gelembung udara yang menyerap suara.

6) Tingkat kekuatan

Point ini membahas kekuatan struktur antara batako dan hebel. Pada dasarnya, Kuat tekan hebel lebih kuat dibanding batako. Hal itu karena pada batako dapat menyisakan rongga, yang kemudian dapat menimbulkan retak rambut.

Untuk hebel, kemungkinan retak rambut tetap dapat terjadi meskipun kemungkinannya jauh lebih kecil.

Dari penjelasan tadi, anda sendiri yang tetap menentukan mana yang terbaik sesuai kebutuhan anda. Jika disimpulkan, untuk pembangunan yang terjangkau dapat memakai batako. Sementera hebel digunakan untuk pembangunan dengan biaya lebih tinggi, namun lebih berkualitas.

Untuk pembelian hebel maupun batako, kini anda bisa membelinya di toko bangunan qhomemart. Kami adalah toko bangunan terbesar di DIY dan Jateng, bisa kirim area jateng dan seluruh indonesia. Hubungi kami sekarang untuk info lebih lanjut.

Whatsapp : 0811 2863 773

Alamat : Jl. Raya Janti Jl. Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Jam Buka : 08.00-21.00 (Senin-Minggu)

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini