Shop

4 Bahan Lemari Yang Bagus Serta Kelebihan Kekurangannnya

Apa saja bahan lemari yang bagus? Simak kelebihan dari bahan fiberboard, platbesi, plastik dan kayu solid. Membahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan.

Lemari adalah furniture untuk menyimpan barang seperti pakaian, perhiasan bahkan barang-barang pribadi. Sifatnya yang fleksibel, membuat furniture ini wajib ada di tiap rumah.

Karena penting, maka keawetan menjadi faktor yang dipertimbangkan. Mempertimbangkan bahan lemari yang bagus adalah hal yang wajib dilakukan.

Sebab, bahan material menentukan tingkat keawetan selain faktor pemakaian. Nah, apa saja bahan yang direkomendasikan agar awet untuk jangka panjang? Simak penjelasannya dibawah ini.

Bahan Lemari Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Untuk menilai mana bahan lemari yang bagus dan mana yang tidak, kita perlu mengetahui apa saja material yang dipakaki, sifat, ketahanan dan apa saja kelebihannya.

Lihat penjelasan lemari pakaian dibawah ini.

Bahan Fiber Board

bahan lemari yang bagus
Ilustrasi lemari bahan fiberboard.

Fiberboard atau biasa disebut board material, dibuat dari papan kayu yang di press dengan mesin. Itu membuat papan kayu sangat padat tersusun dari lapisan-lapisan.

Nah fiber board memiliki gradenya sendiri-sendiri, mulai dari triplek, particle board, mdf dan block board.

  • Triplek : serbuk kayu yang dipress, biasa dipakai untuk penutup lemari
  • Particle board : digunakan sebagai pondasi, bahan ini yang sering dijumpai pada toko lemari
  • MDF : sama seperti particle board, namun memakai kayu lebih halus. Itu membuat kayu lebih padat, lebih tahan air dan awet.
  • Blockboard : lempengan kayu yang di press dengan lapisan particle board/triplek. Bahan ini yang paling mirip seperti kayu solid.

Kelebihan fiber board

Material ini memiliki harga terjangkau sehingga lebih hemat. Selain itu desainnya modern dan inovatif membuat banyak pilihan untuk anda.

Kekurangan fiber board

Satu kelemahan dari bahan ini adalah kurang tahan terhadap air. Ketika banjir, lemari akan mudah rusak.

Bahan Plastik

contoh lemari plastik

Seperti namanya, lemari dibuat plastik dan cukup populer digunakan. Kalau dulu tampilannya cukup terbatas dengan warna-warna yang ngejreng, kini lemari plastik hadir dengan banyak model seperti minimalis dan semacamnya.

Lemari plastik dibuat dari jenis PolyPropylene, yakni jenis plastik yang aman bahkan untuk bersinggungan. Karena pp aman, hal itu yang menjadi kenapa bahan ini lemari.

Kelebihan plastik

Bahan lemari plastik lebih murah dan terjangkau. Mudah dipindah ketika ingin ganti suasana kamar/pindahan.

Plastik juga tahan terhadap rayap, anti air dan cukup kokoh untuk banyak pakaian dalam satu lemari.

Kekurangan plastik

Ringan sendiri bisa menjadi kelebihan, karena mudah digeser. Namun ringan juga dapat menjadi kekurangan. Engsel dari lemari dapat bergeser, sehingga membuat ketinggian lemari bisa berubah.

Bahan kayu solid

lemari kayu
Ilustrasi memakai lemari bahan kayu solid

Untuk yang belum tahu kayu solid, kayu ini adalah kayu alami yang telah dipoles , di oven sehingga memiliki warna lebih menarik. Selain itu, kayu menjadi tahan terhadap rayap

Bahan ini termasuk bahan lemari yang bagus karena kayu asli yang dipakai. Unsur kayunya yang alami tidak dapat ditandingi oleh material campuran lain.

Kayu yang biasa dipakai adalah mahoni, karet dan jati.

Kelebihan kayu solid

Lemari berbahan dasar kayu solid lebih awet karena kayu asli yang dipakai. Selain itu, estetikanya lebih alami dan lebih manteb ketika dipakai.

Jikapun menunggu model lain, biasanya pembuatan lebih lama karena lemari dibuat dengan tangan pengrajin (handmade) bukan mesin.

Kekurangan kayu solid

Harganya lebih mahal karena memakai kayu alami. Selain itu model yang terbatas menjadi kelemahan dari kayu solid.

Karena memakai kayu alami, tentu perlu perawatatan yang baik dan berkala untuk menjaga agar tidak rusak.

Bahan Plat besi

Lemari Pakaian plat besi tahan rayap

Bahan lemari yang bagus selanjutnya dapat memilih plat besi. Bahan ini sebenarnya bahan untuk furniture perkantoran seperti loker dan semacamnya.

Namun kini banyak dipakai untuk lemari, karena beberapa kelebihan yang dimiliki.

Kelebihan lemari plat besi

Tahan terhadap air, anti karat dan kokoh. Sehingga lemari ini tahan terhadap banjir dan semacamnya.

Kekurangan lemari plat besi

Modelnya tidak sebanyak motif fiber board. Cenderung polos dan tampilannya itu-itu saja. Selain itu bobotnya cukup ringan, sehingga ketika digeser dapat berpotensi merusak engsel.

Selain itu, harganya jauh lebih tinggi dari fiber board. Rentang harganya dapat mencapai 1,5 hingga 2 jutaan.

Kesimpulan

Dari penjelasan bahan bahan lemari yang bagus tadi, dapat disimpulkan bahwa bahan terbaik adalah yang menyesuaikan kondisi setiap rumah. Jika bahan lembab, ada baiknya memakai lemari bahan selain kayu atau mengandung kayu.

Beli bahan lemari yang bagus dengan model model terbaik hanya di toko qhomemart. Kami menjual furniture lemari dengan opsi pengiriman ke seluruh indonesia.

Whatsapp Store (online) : 0811-2863-773

Alamat Offline: Jl. Raya Janti Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Jam Buka & Operasional : 08.00-21.00 (Setiap Hari)

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini