Tips & Trick

Penyebab Water Heater Ariston Tidak Panas & Solusinya

Penyebab water heater ariston tidak panas dapat disebabkan karena thermostat bermasalah, jalur air panas tersumbat, kabel terputus hingga elemen pemanas yang rusak. Hal ini dapat diperbaiki dengan cara-cara dibawah ini.

Memiliki water heater merk ariston dirumah namun tidak kunjung panas ketika dipakai? Mungkin ada yang salah dengan water heater kamu.

Terkadang terjadi kesalahan kecil yang tidak disengaja yang terjadi pada water heater kamu. Mulai dari elemen pemanas yang sudah rusak, ada masalah di aliran listrik dan masih banyak lagi.

Tapi jangan buru-buru dibawa dulu, siapa tahu anda bisa memperbaiki dan menemukan penyebab water heater ariston tidak panas dengan cara-cara dibawah ini. Simak sampai habis!

Water Heater Ariston 30 Liter

Jalur Air Panas Tersumbat

Water heater punya jalur air panas khusus untuk mengalirkan air panas ke tangki water heater. Jika jalur ini tersumbat, maka dipastikan panas air tidak tersalurkan. Tersumbatnya jalur bisa disebabkan beberapa hal, mulai dari korosi di pipa, benda asing yang masuk ke jalur, masalah di katup maupun munculnya kerak.

Jika memang ini masalahnya, cara mengatasi sumbatan pada water heater adalah lihat apa permasalahan pada jalur air panas.

Jika terdapat kerak, pakai pembersih yang memang diperuntukkan untuk water heater. Pastikan juga pada klep tidak ada permasalahan. Ganti klep jika kerusakannya sudah parah.

Thermostat Bermasalah

Thermostat sendiri komponen untuk mengontrol suhu air di dalam tangki. Ketika thermostat rusak, hal ini mempengaruhi kinerja water heater dalam memanaskan air didalam tangki.

Thermostat dapat bermasalah karena beberapa hal seperti gangguan pada saklar, pengaturan suhu terlewat rendah atau memang umur dari thermostat itu sendiri.

Jika penyebab water heater ariston tidak panas adalah karena thermostat, ada baiknya periksa dahulu apakah ada tanda-tanda kerusakan. Pastikan thermostat tidak diatur ke suhu terlalu rendah, kemudian periksa sirkuit listrik penghubung thermostat.

Jika masih rusak, upayakan untuk mengganti dengan thermostat baru. Jika anda tidak memiliki kemampuan mengganti, ada baiknya pertimbangkan jasa professional untuk keamanan.

Kabel Terputus

Masalah kabel terputus menjadi penyebab umum water heater tidak dapat memanaskan air. Tidak hanya untuk merk ariston, namun juga merk lainnya. Ketika kabel terputus, maka listrik tidak akan mencapai elemen pemanas.

Kabel terputus dapat terjadi karena usia kabel yang sudah tua, koneksi yang longgar maupun kerusakan fisik lainnya.

Cara penanganan kabel putus pada water heater dapat dilakukan dengan menyambung kembali kabel. Agar lebih aman, gunakan teknik penyambungan britania, western union, ekor babi hingga bolak balik.

Jangan lupa untuk memastikan water heater sudah terhubung ke listrik dan tidak ada gangguan pada sirkuitnya.

Penyebab Water Heater Ariston Tidak Panas

Kerusakan Elemen Pemanas

Elemen pemanas memiliki umur dan semakin lama mengalami kerentanan. Ketika rusak, bahan resistif pada elemen pemanas tersebut kurang efektif atau tidak dapat memanaskan air sama sekali meskipun arus listrik lancar.

Lihat kembeli kapan water heater mulai digunakan dan kapan terakhir water heater berfungsi dengan normal? jika pemakaiannya sudah cukup lama, kemungkinan masa pakai elemen pemanas telah habis.

Jika kerusakan ada pada elemen pemanas, hal yang paling bisa dilakukan adalah mengganti elemen tersebut. Anda bisa mengganti teknisi professional untuk melakukan pekerjaan ini.

Dapat disimpulkan bahwa Penyebab water heater ariston tidak panas dapat disebabkan banyak faktor. Dengan mengetahui penyebab kerusakannya, barang kali anda bisa memperbaiki tanpa harus datang ke tukang servis. Namun jika masalah belum teratasi, anda dapat memanggil jasa servis water heater proffesional seperti Qhome Service center.

Jika anda merencanakan pembelian water heater ariston baru, anda dapat lihat produknya di qhomemart.com. Ada banyak pilihan dari water heater ariston yang bisa anda pilih. Lihat promo terbaru di bulan October 2024 ini.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini