Dekorasi

5 Jenis MCB Listrik yang Sering Ditemui

Miniature Cirkuit Breaker (MCB) adalah alat yang berfungsi untuk memutus aliran listrik ketika listrik terjadi gangguan atau konsleting pada sirkuit. MCB listrik menjadi kebutuhan pokok untuk mengalirkan listrik yang aman dalam rumah karena alat ini juga sekaligus mencegah adanya konsleting yang lebih parah, bahkan bisa mencegah adanya kebakaran akibat adanya gangguan listrik.

jenis mcb listrik

Tak hanya untuk rumah saja, penggunaan MCB juga penting untuk bangunan-bangunan yang lain. Penggunaan instalasi listrik tak bisa dipisahkan dari alat ini. MCB listrik yang dijual di pasaran memiliki 5 jenis yang masing-masing difungsikan dengan berbeda.

Artikel ini akan memberikan ulasan beberapa jenis MCB listrik yang bisa kamu gunakan dan kamu pilih untuk sekarang juga. Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai jenis MCB listrik.

Jenis MCB Listrik

jenis mcb listrik

Apa saja jenis MCB listrik? Berikut sekilas penjelasannya!

Tipe B

Jenis MCB listrik yang pertama adalah MCB tipe B yang biasa digunakan untuk rumah atau industri berskala kecil. MCB tipe B bisa terputus apabila mengalami kendala jaringan transmisi listrik dengan arus beban sebesar 3-5 kali dari arus nominal.

Pada umumnya, MCB tipe B digunakan sebagai perlindungan terhadap sirkuit yang tidak bermotor.

MCB tipe B pada umumnya cocok digunakan untuk beban yang ringan, tetapi tetap perlu memperhatikan dan mempertimbangkan batas ketika memilih MCB yang difungsikan untuk listrik rumah.

Tipe C

MCB tipe C merupakan MCB yang baisa digunakan untuk beban listrik menengah atau sebagai perlindungan sirkuit bermotor kecil. Meskipun demikian, MCB tipe C ini tetap bisa digunakan sebagai penerangan gedung.

Listrik dengan MCB tipe C ini bisa jeglek ketika terjadi aliran listrik sebesar 5-10 kali lebi besar dibanding arus nominal MCB pada umumnya.

Tipe D

MCB kabel selanjutnya adalah MCB tipe D yang biasanya digunakan untuk beban berat dengan sirkuit motor yang besar. Pada umumnya, tipe D ini digunakan untuk beban yang punya arus awal yang tinggi. Menurut beberapa sumber terkait, tipe ini bisa digunakan untuk perangkat mesin X-Ray, transformator, dan beberapa perangkat lain yang membutuhkan arus listrik yang besar.

Perlu diingat bahwa aliran listrik ini dapat trouble atau jeglek apabila aliran listrik lebih besar 10-20 kali dari beban seharusnya.

Tipe K

Tipe K merupakan komponen MCB yang cocok untuk semua jenis mesin. MCB tipe ini melepas sirkuit ketika lonjakan arus sebesar 8-12 kali dari beban yang sebenarnya.

Tipe Z

Jenis MCB listrik yang terakhir adalah MCB tipe Z yang termasuk dalam MCB sensitif dan khusus karena MCB ini akan langsung jeglek apabila terjadi lonjakan arus 2-3 kali lebih tinggi dari biasanya. Oleh sebab itu, MCB ini dikatakan lebih rentan terhadap konsleting listrik.

Itu dia beberapa jenis MCB yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Jenis-jenis MCB tersebut bisa kamu temui dan kamu beli di Qhomemart sekarang juga. Qhomemart merupakan salah satu toko terlengkap dan terbesar di Jogja yang menyediakan berbagai produk kebutuhan hunian, mulai dari bahan bangunan, sanitary, appliance, tools, lighting, hingga furnitur, dan masih banyak lagi. Gimana, kamu tertarik beli MCB di Qhomemart?

Qhomemart beralamat di Jl. Raya Janti Jl. Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Toko ini buka setiap hari pukul 08.00-22.00.

Informasi selengkapnya bisa hubungi kami dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini atau kontak di nomor +628112863773.

Kunjungi toko kami sekarang dan lengkapi kebutuhan hunianmu bersama Qhomemart yang sudah pasti lengkap!

Rate this post

Comments

comments

Agustina Rita Kurniawati

Penulis kreatif yang tahu tentang kebutuhan hunian. Siap berdiskusi bersama dan tertawa sambil membangun rumah impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini