Dekorasi

Kenali 5 Penyebab AC Bocor

AC bocor merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi untuk para pengguna AC baik untuk rumah maupun untuk kantor. Oleh sebab itu, kerusakan AC sekecil apapun, harus disadari dengan segera karena apabila dibiarkan, kerusakan yang terjadi akan lebih parah lagi. Namun, perlu diingat juga bahwa AC bocor bisa diminimalisir dengan pemasangan dan perawatan rutin yang tepat.

Artikel ini akan memberikan beberapa penjelasan penyebab AC bocor yang sering terjadi pada umumnya. Jadi, buat kamu yang sedang atau sering mengalami permasalahan ini, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Penyebab AC Bocor

Kompresor Rusak

ac bocor

Kompresor AC merupakan sebuah perangkat yang memberikan tekanan gas refrgigerant untuk mendinginkan AC pada ruangan. Kompresor AC memiliki kepentingan dalam hal pendinginan ruangan yang optimal dengan AC. Kompresor AC terletak pada bagian bawah koil dengan cara memberikan aliran air yang menyeluruh. Namun, apabila pompa rusak karena debu dan kotoran, maka akan menyebabkan tetesan air tang menjadi salah satu indikasi bahwa pompa tidak berfungsi semestinya.

Kompresor adalah perangkat yang terletak di bawah koil pendingin, yang berfungsi untuk mengalirkan air secara menyeluruh sehingga kebocoran dapat dicegah. Saat pompa rusak atau tidak berfungsi karena akumulasi debu dan kotoran, ini mengakibatkan air menetes dan menjadi indikasi yang jelas bahwa pompa tidak berfungsi dengan baik.

Filter AC Tersumbat atau Kotor

Filter udara yang kotor atau tersumbat pada AC akan menghambat udara yang akan masuk ke evaporator, sehingga menyebabkan penurunan suhu. Suhu yang terus turun akan menyebabkan adanya pembekuan dan ketika AC dimatikan, unit pada ruangan tersebut akan berhenti untuk menghisar udara yang akan disebarkan pada interior rumah, sehingga menyebabkan pemanasan yang berakibat pada pencairan es yang telah terkumpul. Es yang mencair tersebut lama-kelamaan akan memenuhi kapasitas baki yang membuat kebocoran air.

Pipa AC Tua

Pipa AC yang sudah tua juga menjadi penyebab kerusakan AC karena tidak mampu lagi bekerja dengan semestinya. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan pengecekan rutin terhadap AC dan komponen-komponennya untuk memastikan apakah benda-benda tersebut masih layak pakai atau perlu diganti dengan yang baru.

Sumbatan di Saluran Pembuangan

AC bocor bisa disebabkan dari sumbatan pada saluran pembuangan karena adanya kotoran, debu, bahkan jamur secara berlebihan, hingga menyebabkan adanya air yang berlebihan dan akhirnya menetes.

Pemasangan Tidak Tepat

Pemasangan AC yang tidak tepat bisa menjadi salah satu penyebab AC bocor. Oleh sebab itu, ketika hendak membeli, kita harus mempertimbangkan jasa pasang AC yang profesional untuk bisa memaksimalkan penggunaan AC pada ruangan.

Itu dia beberapa penyebab AC bocor yang bisa kamu ketahui. AC bocor yang dibiarkan lama-kelamaan akan memperparah kerusakan pada AC. Oleh sebab itu, apabila AC sudah mengalami tanda-tanda kebocoran, AC harus segera diperbaiki. Kamu bisa memperbaiki AC bocor dengan menggunakan jasa Qhome Service Center yang melayani perbaikan alat elektronik untuk hunianmu.

Kamu bisa menghubungi Qhome Sevice Center baik secara online maupun offline. Untuk konsultasi online, kamu bisa menghubungi kontak 082299299297. Sementara itu, untuk pelayanan offline, kamu bisa mengunjungi Qhomemart yang beralamat di Jl. Raya Janti Jl. Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Toko ini buka setiap hari pukul 08.00-22.00.

Dengan senang hati kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk para klien. Kepuasan klien adalah prioritas kami.

Yuk, perbaiki alat elektronik yang rusak menjadi baru berasama Qhome Service Center yang sudah pasti terbaik!

Rate this post

Comments

comments

Agustina Rita Kurniawati

Penulis kreatif yang tahu tentang kebutuhan hunian. Siap berdiskusi bersama dan tertawa sambil membangun rumah impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini