Dekorasi

Kulkas Tidak Dingin? Ini 7 Penyebabnya!

Bingung kenapa kulkas tidak dingin? Kulkas tidak dingin terkadang disebabkan oleh hal-hal yang sepele, tetapi tidak jarang pula penyebabkan adalah sesuatu yang berat, sehingga kamu perlu membawanya pada service elektronik yang tepercaya dengan tenaga kerja yang profesional. Kulkas menjadi salah satu kebutuhan untuk melengkapi peralatan dapur rumah tangga karena kulkas berfungsi sebagai pengawet makanan dan minuman tanpa ada efek samping yang berbahaya. Penyimpanan makanan dan minuman ke dalam kulkas akan menghambat timbulnya jamur yang bisa mempercepat pembusukan.

Pada umumnya, makanan yang disimpan pada suhu ruang akan lebih cepat berjamur dibandingkan makanan yang disimpan dalam kulkas. Hal itu disebabkan karena suhu yang dingin membuat jamur tumbuh dengan lambat, sehingga makanan dalam kulkas akan lebih lama ada pada kesegarannya. Oleh sebab itu, suhu kulkas harus dijaga supaya tetap dingin. Jadi. kalau kulkas tidak dingin, jangan dibiarkan lama-lama, ya.

Nah, artikel kali ini akan memberikan informasi seputar beberapa penyebab kulkas tidak dingin yang sering dialami oleh para pengguna kulkas yang setiap hari dialiri listrik. Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil tentu akan berpengaruh terhadap kinerja alat elektronik yang ada di rumah, terutama kinerja kulkas yang nonstop dialiri arus listrik. Aliran listrik yang tidak stabil tersebut perpengaruh pada suhu kulkas, khususnya yang berhubungan dengan kompresor kulkas. Apabila tidak segera ditangani, semakin lama kulkas akan semakin rusak.

Masalah Freon

freon rusak

Freon merupakan senyawa kimia yang digunakan dalam proses pendinginan pada kulkas. Freon bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin karena kondisinya atau kinerjanya yang turun–bisa disebabkan karena kebocoran freon atau freon sudah habis. Kondisi freon pada kulkas harus selalu panas karena panas dari freon nantinya akan lepas dan apabila tidak terasa hangat lagi, maka freon tersebut harus diperbaiki.

Kondisi freon bisa kamu cek pada bagian belakang kulkas yang dekat dengan grill kulkas.

Bunga Es yang Menumpuk

kulkas tidak dingin '

Bunga es yang menumpuk hingga menutupi bagian angin bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin karena lubang angin memiliki peran untuk mendinginkan udara yang ada pada kulkas.

Bunga es yang menumpuk bisa dicairkan, salah satunya dengan cara menggunakan kipas angin menyala yang dihadapkan langsung pada kulkas yang terbuka lebar dan dalam keadaan yang mati. Apabila bunga es sudah mencair, kamu bisa membuang air yang ada pada tampungan bawah freezer, kemudian bersihkan kulkas dengan lap hingga bersih dan kering. Setelah itu, barulah kamu bisa menyalakan kembali kulkas tersebut.

Evaporator Putus

Evaporator adalah salah satu komponen dalam kulkas yang berfungsi untuk menyalurkan freon. Evapotaror tentu akan berhubungan dengan besar kecilnya suhu dalam kulkas. Oleh sebab itu, apabila evaporatornya rusak, maka akan berakibar pada suhu kulkas tidak dingin.

Kondisi Pintu Kulkas

Kondisi pintu kulkas bisa menjadi penyebab pintu kulkas tidak dingin apabila karet-karet pintu sudah tidak rapat lagi dan pintu tidak tertutup dengan sempurna. Udara yang ada dalam kulkas akan keluar, sehingga suhu kulkas menurun yang menyebabkan kulkas tidak dingin. Hal tersebut tentu disebabkan karena pintu kulkas yang sering dibuka dan ditutup dalam penggunaannya sehari-hari.

Makanan Bersuhu Panas

Makanan yang bersuhu panas tidak direkomendasikan untuk disimpan dalam kulkas karena bisa menyebabkan suhu kulkas menjadi menurun. Apabila kebiasaan itu diteruskan, lama-kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada kulkas.

Untuk menjaga suhu kulkas supaya tetap dingin, kamu juga bisa menghindari peletakkan kulkas yang berdekatan dengan kompor atau peralatan dapur yang menghasilkan panas karena panas tersebut juga akan berpengaruh pada kinerja kulkas yang bisa menyebabkan suhu kulkas jadi turun.

Pengaturan Suhu

Pastikan juga bahwa kamu telah mengatur suhu kulkas dengan thermostat yang ada di dalamnya untuk memastikan bahwa suhu tersebut sudah suhu yang rendah untuk menghasilkan udara dingin pada kulkas.

Itu dia beberapa penyebab kulkas tidak dingin. Kulkas yang tidak dingin dan dibiarkan terus-menerus, nantinya akan menyebabkan kerusakan yang lebih berat lagi. Oleh sebab itu, apabila kulkas sudah mengalami kerusakan yang ringan, segeralah memperbaikinya dengan jasa service yang tepercaya dan memiliki tenaga kerja yang profesional, salah satunya adalah jasa dari Qhome Service Center.

servis kulkas panggilan

Qhome Service Center merupakan jasa yang berasal dari Qhomemart, yang melayani perbaikan dan pemasangan alat-alat elekronik yang kamu miliki. Mulai dari kulkas, lampu, AC, bahkan perbaikan genset, dan masih banyak lagi. Qhome Service Center terlah tepercaya sejak beberapa tahun terakhir ini dengan ribuan customer yang selalu memercayakan kerusakan dan pemasangan alat elektronik pada kami.

Jadi, nggak perlu khawatir lagi cari-cari jasa service elektronik yang tepercaya di Jogja karena Qhome Service Center siap melayani customer dengan senang hati. Kami melayani konsultasi baik secara online dan offline.

Informasi selengkapnya bisa hubungi kami dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini atau kontak di nomor +682299299297.

Percayakan Qhome Service Center sebagai jasa terbaik untuk pemasangan dan perbaikan segala alat elektronik milikmu!

Rate this post

Comments

comments

Agustina Rita Kurniawati

Penulis kreatif yang tahu tentang kebutuhan hunian. Siap berdiskusi bersama dan tertawa sambil membangun rumah impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini