Dekorasi

6 Cara Merawat Wajan Anti Lengket

Wajan anti lengket adalah salah satu peralatan mendukung dalam kegiatan masak yang pastinya memudahkan proses memasak makanan.

Namun, seperti yang telah diketahui bahwa perawatan yang salah bisa menimbulkan efek yang bahaya bagi tubuh karena makanan yang diolah dapat terkontaminasi bahan kimia yang ada dalam wajan anti lengket tersebut.

wajan anti lengket

Dilansir dari Halodoc, bahan pembuatan wajan anti lengket pada umumnya berasal dari lapisan kimia yang bernama polytetrafluoroethylene (PTFE) yang kemungkinan besar bisa menjadi salah satu penyebab kanker. Jenis lapisan kimia tersebut merupakan salah satu jenis plastik yang berguna sebagai pelapis pada beberapa produk yang digunakan dalam proses pemanggangan.

Oleh sebab itu, perawatan wajan anti lengket yang tepat perlu diperhatikan untuk menjaga keawetan wajan dan meminimalisir dampak buruk dalam penggunaannya untuk kesehatan.

Simak 6 cara ini untuk merawat wajan anti lengket!

1. Hindari Penggunaan Alat Masak Stainless Steel

Usahakan jangan menggunakan alat masak yang terbuat dari stanless steel karena bahan tersebut merupakan benda tajam yang bisa merusak lapisan antilengket.

alat masak silikon
alat masak kayu

Gunakan alat masak yang terbuat dari silikon atau kayu agar tidak merusak lapisan wajan karena sifat bahannya lebih soft dan aman digunakan.

2. Gunakan Sedikit Minyak

Meskipun wajan tersebut diklaim anti lengket, tetapi Anda juga tetap memerlukan sedikit minyak atau margarin atau mentega untuk memasak makanan di wajan tersebut.

Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk mencegah adanya makanan yang menempel pada permukaan wajan.

tempat minyak semprotan

Gunakan minyak dengan takaran yang sedikit atau secukupnya saja sesuai dengan kapasitas makanan yang dimasak agar tidak mengakibatkan residu yang sulit dibersihkan.

Ada baiknya jika minyak dituangkan dengan semprotan minyak untuk mengontrol jumlah minyak yang akan digunakan.

3. Jangan Panaskan Wajan yang Kosong

Memanaskan wajan tanpa adanya bahan makanan yang ada di dalamnya akan mengakibatkan kerusakan pada lapisan anti lengketnya dan bisa jadi menyebabkan efek yang bahaya untuk makanan yang akan dikonsumsi.

4. Cuci Secara Manual

Pastikan Anda mencuci wajan tersebut dengan tangan, bukan dengan mesin pencuci piring. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memastikan kebersihan dan keawetan lapisan.

Wajan cukup dicuci dengan sabun cuci piring dengan spons lembut. Hindari sabun cuci piring yang berbahan keras dan spons yang tertekstur kasar.

5. Diamkan Sejenak Setelah Digunakan Memasak

Diamkan wajan anti lengket untuk beberapa saat setelah digunakan. Tunggu hingga suhu wajan sesuai dengan suhu ruangan.

Hindari mencuci wajan dalam keadaan panas karena bisa merusak lapisan anti lengket dan akan menimbulkan zat yang berbahaya dalam wajan.

6. Simpan Dengan Cara Digantung

rak gantung untuk wajan

Simpan wajan anti lengket dengan cara digantung untuk mencegah kerusakan akibat tumpukan alat dapur yang lain.

Beberapa cara di atas dapat Anda praktikkan untuk menjaga keawetan dan keamanan wajan anti lengket supaya tidak berbahaya bagi tubuh.

Jika Anda memiliki wajan anti lengket dengan lapisan anti lengket yang sudah terkelupas, ada baiknya Anda segera menggantinya. Penggunaan wajan anti lengket yang sudah mengelupas sangat berbahaya bagi tubuh akibat dari kontaminasi antara makanan dengan bahan kimia yang ada di dalam wajan.

Wajan anti lengket dan beberapa alat masak bisa Anda dapatkan di toko Qhomemart Yogyakarta.

Nikmati waktu menuju buka puasa dengan memasak menggunakan alat masak dari Qhomemart. Dapatkan pelayanan terbaik dan produk yang ciamik.

Dapatkan harga terbaik yang pas di kantong untuk pembelian produk di toko ini. Cocok juga untuk anak kos yang memerlukan alat masak.

Belanja di Qhomemart, pasti lengkap!

Rate this post

Comments

comments

Agustina Rita Kurniawati

Penulis kreatif yang tahu tentang kebutuhan hunian. Siap berdiskusi bersama dan tertawa sambil membangun rumah impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini