Dekorasi

6 Cara Menentukan Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah

Penginstalasian listrik di rumah memerlukan ketelitian dan pengetahuan supaya arus listrik yang dipasang tidak mengalami konsleting ketika digunakan. Membahas soal listrik, pastinya tidak akan terlepas dari perkabelan yang meliputi ukuran dan jenis kabel.

cara menentukan ukuran kabel instalasi listrik

Artikel kali ini akan membahas cara menentukan ukuran kabel instalasi listrik rumah yang bisa kamu ketahui. Secara keseluruhan, bersumber dari beberapa artikel, cara menentukan ukuran kabel instalasi listrik bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

Cara Menentukan Ukuran Kabel Instalasi

Bagaimana cara menentukan kabel instalasi listrik yang pas untuk rumah? Berikut sekilas penjelasannya!

Ketahui Kebutuhan Listrik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui kebutuhan besar daya konsumsi listrik yang akan digunakan. Ketahui alat elektronik apa saja yang akan digunakan sehari-hari beserta ukuran daya listriknya.

Hitung Beban Listrik

cara menentukan ukuran kabel instalasi listrik rumah

Setelah mengetahui apa saja alat elektronik yang akan digunakan, kamu bisa mulai menghitung kebutuhan beban listrik dari masing-masing alat.

Misalnya, kamu membutuhkan atau akan menggunakan

  • 4 Lampu LED : 10 Watt x 4 = 40 Watt
  • TV : 100 Watt
  • Kulkas : 200 Watt
  • Mesin Cuci : 200 Watt
  • AC : 800 Watt

berarti, total beban listrik yang dibutuhkan adalah 1.340 Watt.

Tentukan Arus yang Diperlukan

Cara menentukan ukuran kabel instalasi listrik selanjutnya adalah dengan menentukan arus yang diperlukan. Katakanlah rata-rata konsumsi listrik di rumah menggunakan arus bertegangan 220 volt.

Setelah mengetahui beban listrik, kita bisa membagi angka beban listrik tersebut dengan angka tengangan yang ada, seperti ini

1.340 : 220 = 6.09 A

Pilih Tipe Kabel

Untuk arus listrik sebesar 6.09 A, diperlukan kabel dengan jenis NYM untuk digunakan sebagai penghantar listrik yang aman dan awet digunakan pada instalasi listrik di rumah.

Ketahui Jarak Antarlistrik

Misalnya, jarak antara panel dengan ruang keluarga adalah 15m. Jarak tersebut terbilang cukup jauh, sehingga harus menggunakan kabel dengan ukuran yang besar supaya tidak terlalu kehilangan daya dari listrik tersebut.

Cek Tabel Ukuran Kabel

urutan ukuran daya listrik

Cara menentukan ukuran kabel instalasi listrik yang terakhir adalah dengan melihat kembali tabel ukuran kabel. Berdasarkan arus 6.09 A dan mempertimbangkan jarak, kita dapat merujuk ke tabel ukuran kabel. Untuk arus 6 A, diperlukan kabel berukuran 1.5 mm² atau bisa juga menggunakan ukuran kabel 2.5 mm² untul menambah proteksi keamanan–terlebih karena jarak antarkabelnya juga jauh.

Itu dia beberapa cara menentukan ukuran kabel instalasi listrik rumah yang bisa kamu terapkan sendiri. Gimana, cara yang mudah bukan?

Segala kebutuhan perkabelan atau instalasi listrik, bisa didapatkan di Qhomemart. Qhomemart merupakan salah satu toko terlengkap dan terbesar di Jogja yang menyediakan berbagai produk kebutuhan hunian, mulai dari bahan bangunan, sanitary, appliance, tools, lighting, hingga furnitur, dan masih banyak lagi.

Qhomemart beralamat di Jl. Raya Janti Jl. Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Toko ini buka setiap hari pukul 08.00-22.00.

Informasi selengkapnya bisa hubungi kami dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini atau kontak di nomor +628112863773.

Kunjungi toko kami sekarang dan lengkapi kebutuhan hunianmu bersama Qhomemart yang sudah pasti lengkap!

Rate this post

Comments

comments

Agustina Rita Kurniawati

Penulis kreatif yang tahu tentang kebutuhan hunian. Siap berdiskusi bersama dan tertawa sambil membangun rumah impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini