Dekorasi

5 Cara Perawatan Mesin Cuci yang Tepat

Perawatan mesin cuci yang tepat perlu dipahami supaya mesin cuci bisa awet dan dapat bekerja dengan maksimal. Mesin cuci merupakan salah satu alat rumah tangga yang menjadi pilihan untuk kamu supaya lebih ringan dalam hal mencuci pakaian. Pemakaian mesin cuci juga cenderung sangat mudah, hanya dengan memasukkan pakaian ke dalam tabung kemudian memberinya detergen di tempat disediakan, lalu menekan tombol sesuai kebutuhan atau bisa mengikuti petunjuk pemakaian. Alhasil, pakaian kotormu akan kembali bersih tanpa perlu membuang tenaga dan waktu untuk mencuci secara manual.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan tanpa perawatan mesin cuci yang tepat akan mempercepat usia penggunaan alat ini. Nah, buat kalian yang sekarang sudah menggunakan mesin cuci atau yang akan beralih menggunakan mesin cuci, kalian bisa membaca artikel ini untuk tahu bagaimana cara perawatan mesin cuci yang tepat. Perawatan mesin cuci yang tepat tidak hanya digunakan untuk menjaga keawetan mesin, tetapi juga digunakan supaya pakaian yang dicuci dengan mesin tetap berkualitas dan dapat tercuci dengan bersih.

Ini dia 5 perawatan mesin cuci yang bisa kamu lakukan sendiri.

Rutin Bersihkan Mesin Cuci

cara membersihkan mesin cuci

Mesin cuci yang sering digunakan pasti terdapat kotoran-kotoran dari pakaian yang menempel di tabung mesin cuci. Oleh sebab itu, kamu perlu membersihkan tabung mesin cuci secara rutin. Pada umumnya, prosedur pembersihan tabung mesin cuci menyesuaikan dengan jenis mesin cuci. Mesin cuci 1 tabung bisa dibersihkan dengan menambahkan air (bisa ditambahkan sabun) ke dalam tabung, kemudian tekan tombol pembersihan pada tabung, dan tunggu beberapa menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan lap untuk membersihkan bagian dalam tabung sekaligus bagian luar mesin cuci.

Hindari Overload Pakaian yang Dicuci

perawatan mesin cuci yang benar

Untuk memperpanjang usia pakai mesin cuci, ada baiknya kamu mencuci pakaian sesuai dengan kapasitas tabung atau kurang dari kapasitas tabung. Namun, jangan mencuci pakaian dengan jumlah yang terlalu sedikit karena akan rugi dalam hal konsumsi daya listrik dan menurunkan performa mesin.

Bersihkan Saku Pakaian Terlebih Dahulu

Sebelum meletakkan baju kotor ke dalam tabung cucian, jangan lupa untuk mengecek saku tiap pakaian. Pastikan tidak ada sisa tisu atau benda lainnya dalam saku pakaian karena benda-benda tersebut akan berpengaruh pada cara kerja mesin dan bisa merusak pakaian.

Gunakan Detergen Secukupnya

toko mesin cuci terlengkap

Detergen yang berlebihan dapat merusak tabung mesin secara perlahan dan tentunya tidak baik untuk kualitas baju. Namun, penggunaan detergen yang kurang dari takaran membuat cara kerja pencucian tidak maksimal, sehingga bau yang ada di pakaian tidak hilang dengan sempurna. Oleh sebab itu, gunakanlah takaran detergen yang secukupnya sesuai dengan jumlah pakaian yang dicuci.

Jangan Biarkan Pakaian Habis Cuci Terlalu Lama Dalam Mesin

Membiarkan pakaian yang sudah dicuci dan dikeringkan pada mesin cuci pada tabung bisa menyebabkan kelembapan pada pakaian dan tabung yang lama-lama akan menimbulkan jamur. Selain menimbulkan jamur, pakaian juga bisa berbau karena terlalu lama ada pada tabung yang lembap tanpa sirkulasi udara.

Jadi itu dia 5 perawatan mesin cuci yang bisa kamu lakukan sendiri. Mudah bukan? Jadi nggak ragu lagi, kan, beralih menggunakan mesin cuci atau upgrade mesin cucimu?

Buat kamu yang berencana membeli mesin cuci, kamu bisa membelinya di Qhomemart. Qhomemart merupakan toko mesin cuci terbesar dan terlengkap di Jogja sepanjang masa. Kualitas produk yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi karena banyak penawaran harga dengan diskon dan banyak pilihan merek sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Yuk, belanja di Qhomemart dan nikmati potongan harga yang ditawarkan dari setiap produk yang kamu cari!

Rate this post

Comments

comments

Agustina Rita Kurniawati

Penulis kreatif yang tahu tentang kebutuhan hunian. Siap berdiskusi bersama dan tertawa sambil membangun rumah impianmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini